Cari Blog Ini

Perangkat Output

Perangkat output atau disebut juga output device pada sebuah komputer merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU (Central Processing Unit) ke dalam suatu media yang dapat dibaca oleh pengguna (user) ataupun dapat digunakanuntuk penyimpanan data hasil proses. Output device antara lain adalah :

1. Monitor
Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai dalam bentuk teks atau grafik. Monitor memiliki ukuran bervariasi dalam satuan inchi, dan juga memiliki beberapa variasi bentuk. Resolusi atau kedalaman screen dalam menampilkan outputnya merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam koordinat X dan Y, refresh rate yang menunjukkan berapa frame per detik suatu gambar dapat ditampilkan pada layar monitor.

2. Printer/Plotter
Plotter
Printer

Adalah perangkat output yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Printer terbagi beberapa macam, seperti inkjet, deskjet, laserjet. yang membedakan hanyalah alat yang digunakan untuk mencetaknya apakah cartridge yang berisi tinta atau toner yang berasal dari serbuk.

3. Speaker

Adalah perangkat output yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk seperti selaput.

4. 3D Printer
Adalah perangkat output yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk 3 dimensi (panjang x lebar x tinggi) ke dalam bentuk media lunak seperti lilin atau tanah liat. Teknlogi 3d printing telah dikembangkan antara lain oleh industri manufaktur, perhiasan, dan juga kedokteran untuk membuat model-model 3d yang dapat membantu pekerjaannya masing-masing.